Jumat, 17 Januari 2020

Jurnalisme Pembangunan


Sekilas tentang jurnalisme pembangunan, kegiatan ini berkaitan dengan pembangunan infrastruktur daerah, seperti jalan, bandara, MRT, hotel / apartement, industri, dan sebagainya.

Wilbur Schramm (1982) mengatakan, peranan mass-media dalam pembangunan nasional adalah sebagai agen pembaharu. Letak peranannya, menurut Schramm, dalam hal membantu mempercepat proses peralihan masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat modern. Khususnya peralihan dari kebiasaan-kebiasaan yang menghambat pembangunan ke arah sikap baru yang tanggap terhadap pembaharuan demi pembaharuan.

Sasaran utama jurnalisme pembangunan adalah mendukung keberhasilan pembangunan di segala bidang. Dalam tatanan politik di era Orde Baru itu, tak bisa dipungkiri pertumbuhan serta perkembangan pers memiliki korelasi dengan laju pertumbuhan dan perkembangunan nasional.

Dibawah ini merupakan tugas dari Dosen Pengampu mengenai Jurnalisme Investigasi

Reaktivasi Stasiun Garut Kota

Progres pengerjaan reaktivasi kereta api Stasiun Cibatu hingga Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, hampir terselesaikan. Pemerintah menargetkan kereta mulai beroperasi awal tahun ini.

Dilansir dari detik.com Kepala Dinas Perhubungan Suherman mengatakan "Sekitar tanggal 12 Februari mulai beroperasi," ujar ia di depan wartawan di Lapangan Setda Garut, Senin (9/12/2019) .
Menurutnya, progress pengerjaan reaktivasi kereta api tahap pertama dari Garut-Cibatu berjarak 19,8 kilometer masih berlangsung.

Progress pengerjaan reaktivasi ini sudah sampai dipenghujung target pengoprasian, dengan jarak 19,9 Kilometer proses pengerjaan rel hamper 80 persen terselesaikan. “Progres pekerjaan mencapai 80% dengan posisi treck di sudirman,” ujar Haerudin PM Manajer Proyek KAI Stasuin Garut, Senin (6/01/2020).

Namun beberapa kendala sering ditemui, dengan cuaca yang tidak menentu menyebabkan beberapa treck rel kereta api amblas karena hujan, namun menurut Haerudin kendala secara global tidak ada, namun kendala lingkungan masih menjadi penghambat pengerjaan seperti limbah kulit Sukaregang yang menumpuk.

Proyek stasiun PT KAI di Garut Kota dimulai sejak awal Februari 2019 s.d Februari 2020, mulai dari proses pembebasan tanah warga oleh DAOP (Daerah Operasi Kereta Api). Setelah lahan bebas, pelaksana mulai membangun proyek stasiun PT. KAI Garut.

Ada beberapa bangunan dekat stasiun Garut Kota yang tidak dihancurkan karena alasan untuk dijadikan rumah staff atau mess sebanyak 8 rumah dengan desain rumah masih sama seperti dahulu.

“Harapan untuk reaktivasi ini, masyarakat Garut menjadi lebih maju dan menambah pendapatan daerah,” ujar Haerudin di Stasiun Garut Kota, Senin (6/01/2020).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnalisme Pembangunan

Sekilas tentang jurnalisme pembangunan, kegiatan ini berkaitan dengan pembangunan infrastruktur daerah, seperti jalan, bandara, MRT, hotel...