Sekilas
tentang jurnalisme pembangunan, kegiatan ini berkaitan dengan pembangunan
infrastruktur daerah, seperti jalan, bandara, MRT, hotel / apartement,
industri, dan sebagainya.
Wilbur
Schramm (1982) mengatakan, peranan mass-media dalam pembangunan nasional adalah
sebagai agen pembaharu. Letak peranannya, menurut Schramm, dalam hal membantu
mempercepat proses peralihan masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat
modern. Khususnya peralihan dari kebiasaan-kebiasaan yang menghambat pembangunan
ke arah sikap baru yang tanggap terhadap pembaharuan demi pembaharuan.
Sasaran
utama jurnalisme pembangunan adalah mendukung keberhasilan pembangunan di
segala bidang. Dalam tatanan politik di era Orde Baru itu, tak bisa dipungkiri
pertumbuhan serta perkembangan pers memiliki korelasi dengan laju pertumbuhan
dan perkembangunan nasional.
Dibawah
ini merupakan tugas dari Dosen Pengampu mengenai Jurnalisme Investigasi
Reaktivasi Stasiun Garut Kota
Progres
pengerjaan reaktivasi kereta api Stasiun Cibatu hingga Garut Kota, Kabupaten
Garut, Jawa Barat, hampir terselesaikan. Pemerintah menargetkan kereta mulai
beroperasi awal tahun ini.
Dilansir
dari detik.com Kepala Dinas Perhubungan Suherman mengatakan "Sekitar
tanggal 12 Februari mulai beroperasi," ujar ia di depan wartawan di
Lapangan Setda Garut, Senin (9/12/2019) .
Menurutnya,
progress pengerjaan reaktivasi kereta api tahap pertama dari Garut-Cibatu
berjarak 19,8 kilometer masih berlangsung.
Progress
pengerjaan reaktivasi ini sudah sampai dipenghujung target pengoprasian, dengan
jarak 19,9 Kilometer proses pengerjaan rel hamper 80 persen terselesaikan. “Progres
pekerjaan mencapai 80% dengan posisi treck di sudirman,” ujar Haerudin PM Manajer
Proyek KAI Stasuin Garut, Senin (6/01/2020).
Namun
beberapa kendala sering ditemui, dengan cuaca yang tidak menentu menyebabkan
beberapa treck rel kereta api amblas karena hujan, namun menurut Haerudin
kendala secara global tidak ada, namun kendala lingkungan masih menjadi
penghambat pengerjaan seperti limbah kulit Sukaregang yang menumpuk.
Proyek
stasiun PT KAI di Garut Kota dimulai sejak awal Februari 2019 s.d Februari 2020,
mulai dari proses pembebasan tanah warga oleh DAOP (Daerah Operasi Kereta Api).
Setelah lahan bebas, pelaksana mulai membangun proyek stasiun PT. KAI Garut.
Ada
beberapa bangunan dekat stasiun Garut Kota yang tidak dihancurkan karena alasan
untuk dijadikan rumah staff atau mess sebanyak 8 rumah dengan desain rumah
masih sama seperti dahulu.
“Harapan
untuk reaktivasi ini, masyarakat Garut menjadi lebih maju dan menambah
pendapatan daerah,” ujar Haerudin di Stasiun Garut Kota, Senin (6/01/2020).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar