Jumat, 17 Januari 2020

Computer-Assisted Reporting (CAR)


Jurnalisme Investigasi merupakan kegiatan jurnalistik dalam mengumpulkan, menulis, menerbitkan, dan mengedit sebuah berita yang bersifat investigatif, atau juga bisa dikatakan sebuah kegiatan penelusuran panjang dan mendalam terhadap sebuah kasus yang dianggap memiliki kejanggalan. Didalam jurnalisme investigasi terdapat istilah Computer Assisted Reporting atau disingkat CAR, CAR merupakan sebuah cara jurnalis untuk membangun database sendiri dengan memanfaatkan bantuan komputer untuk melakukan reportase, mengumpulkan atau menganalisa informasi untuk beritanya. Dilansir dalam investigativemanual.org Internet telah meningkatkan secara dramatis pasokan informasi bagi para reporter, juga mengembangkan kemampuan wartawan untuk mengatur, mengambil kembali, dan menganalisa informasi tersebut.

“Berbagai program pencarian telah merevolusi cara menemukan data di Internet. Beberapa yang paling terkenal adalah DuckDuckGo dan meta-crawlers, yang mengambil data dari empat atau lima mesin pencari pada waktu bersamaan. Trik untuk pencarian di Internet yang efisien adalah menggunakan kata kunci dan frasa yang spesifik untuk mengurangi hasil yang tidak relevan. Di DuckDuckGo, Anda bisa menyaring hasil pencarian berdasarkan waktu, wilayah, dan bahasa, atau menggunakan metode penelitian untuk membatasi temuan dalam setiap pencarian.”

Hal ini mempermudah seorang jurnalis dalam mencari informasi tentang seseorang yang akan di investigasi, namun tidak semna mena juga, ketika kita mencari sebuah informasi terhadap seseorang, kita harus mencari kata kunci yang tepat. Selain nama yang di ketik, alamat atau identitas lain juga harus menjadi pertimbangan supaya apa yang nantinya kita cari dapat secara detail dan kebenarannya bisa di pertanggung jawabkan.
Hal-hal tersebut antara lain :
  • Seandainya mungkin, publikasikan referensi mendetail atau tautan ke situs di mana dokumen aslinya bisa ditemukan; transparanlah mengenai data yang Anda temukan dan gunakan.
  • Verifikasi datamu secara saksama, termasuk mengecek tanggal informasi tersebut dibuat.
  • Simpulkan dengan jelas data statistik dan data-data berupa angka; pembacamu mungkin tidak bisa menghitungnya dan mengandalkan ketepatan berhitungmu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurnalisme Pembangunan

Sekilas tentang jurnalisme pembangunan, kegiatan ini berkaitan dengan pembangunan infrastruktur daerah, seperti jalan, bandara, MRT, hotel...